Sabtu, 05 September 2009

Pembahasan Tentang Instalasi LAN tingkat SMK

Instalasi LAN

LAN( local area network)
MAN( metropolitan area network)
WAN (wide area network)

1.Tipe jaringan ukuran dan luas cakupan wilayahnya menjadi empat(4) kelompok sebagai berikut :
A.Local Area Network(LAN)
Lan adalah jaringan untuk area yang bersifat keci.,sesuai dengan namanya jaringan LAN digunakan pada area yang bersifat lcocal,umumnya jaringan LAN digunakan untuk perkantoran satu lantai tetapi dalam kondisi tertentu jaringan LAN dapat mencakum beberapa gealing yang beberaa kilometer.
Adapun jaringan LAN memiliki sifat sebagai berikut :
1. Jaringan bersifat local ( dalam satu bangunan tertentu )
2. Diawasi oleh satu administrator.
3. Biasanya berkecepatan tinggi dan dapat di akses setiap saat.
4. Di asumsi bahwa para pengguna dalam jaringan Lan tersebut dapat dipercaya, artinya tidak akn terjadi kebocoran data rahasia keluar.
B. Metropolitan Area Network (MAN)
Man adalah tipe jaringan yang sifatnya lebih luas jangkauannya dari pada LAN.perannya aga mirip dengan sbua ISP(internet service provider).
Adapun karakteristik utama dari MAN,adalah sebagai berikut:
1. ukuran jaringan adalah mencegah,diantara LAN WAN dan MAN pada umumnya mencakup wilayah
2. sebuah jaringan MAN (seperti juga WAN) umumnya tak memiliki oleh sebuah organisasi saja MAN.langkah-langkah komunikasinya serta peralatannya biasanya dimiliki oleh sebuah perusahaan penyedia jaringan(network provider)yang menjual jasa kepada para pengguna jaringan.tingkat pelayanan yang disediakan untuk setiap pengguna jasa berbeda.tergantung negosiasi antara pengguna jasa dan operator MAN
3. MAN sering kali bertindak sebagai sebuah jaringan berkecepatan tinggi untuk memungkinkan pembagian sumber daya file.MAN juga sering kali untuk menyediakan koneksi ke jaringan-jaringan yang lain dengan menggunakan sebuah LAN ke WAN
Sebuah titik (node) dalam jaringan MAN adalah sebuah jaringan local pada sebuah titik berhubungan dengan jaringan local lainnya dan membentuk jaringan yang lebih besar lagi yang disebut dengan WAN. Jaringan-jaringan lain yang lebih besar yaitu internet WAN yaitu internet WAN juga dapat terdiri dari banyak LAN disebut wilayah geografi yang luas.
C. Wide Area Network(WAN)
WAN adalah jaringan yan meliputi suatu wilayah geografi yang luas, dan menggunakan sirkuit-sirkuit komunikasi untuk menghubungkan titik-titik (node) tertentu.
Jaringan yang di hubungkan dengan menggunakan srana satelit atau pun kabel bawah laut. Dengan WAN sebuah perusahaan yang ada di solo dapat menghubungi kantor cabang nya yang ada di kuala lumpur, Malaysia hanya dalam beberapa menit. Meskipun WAN agak rumit dan sangat kompleks tetapi bagai manapun juga antara LAN, MAN, dan WAN tidak banyak berbeda dalam beberapa hal. Hanya lingkup areanya saja yang berbeda satu di antara yang lainnya.

D .INTERNET (interconnect network)
Internet adalah jaringan yang bersifat global atau mendunia. Di dalam website www.unitec.nopoly.ac.pz internet di definisikan menurut tiga tingkatan yaitu :
1. Pada tingkatan yang paling tinggi. Internet adalah orang-orang yang menggunakan jaringan computer global.
2. Pada tingkatan menengah internet adalah serangkaian protocol yang mendefinisikan aturan-aturan bagaimana komputer-komputer dapat saling bertukar informasi satu dengan yang lain.
3. Pada tingkatan terendah internet adalah hardware yang bekerja di balik jaringan computer modem jaringan telepon dan kabel yang menghubungkan komputer-komputer dan berbentuk sebuah jaringan raksasa.

2. Stuktur / topologi LAN (Local Area Network)
Jaringan computer adalah kumpulan dari beberapa computer yang terhubung dengan sebuah inter face yang sama.setiap jaringan memiliki struktur tertentu sesuai kebutuhan dan kepentingan serta keuntungan pemakaian jaringan.besar kecilnya jaringan computerpun sangat berpengaruh terhadap struktur jaringan ini.struktur jaringan yang tidak tetap dapat mempengaruhi terhadap kecepatan transfer data.dalam jaringan LAN,dikenal struktur jaringan yang yang disebut Topologi.Topologi dasar dalam LAN ada tiga(3):

A. Topologi BUS
topologi BUS adalah topologi tradisional untuk standar pengabelan Ethernet dalam topologi BUS.kabel terhubung ketiap-tiap mesin secara linier.topologi BUS memiliki keuntungan sebagai berikut:
1. mudah disetup pada saat pemasangan dan penginstalan
2. biaya yang diperlukan sedikit.
Kerugian adalah jika kabel terputus akan mempengaruhi seluruh LAN
B. Topologi RING
dalam jaringan ini,semua mesin di tata disekitar hub sentral yang mengontrol komunikasi.dan berkomunikasi dengan hub lain.
Keuntungan dari topologi RING adalah kabel yang diperlukan sedikit.sedangkan kerugiannya adalah jika kabel terputus akan mempengaruhi keseluruh LAN dan biaya yang diperlukan lebih tinggi.
C. Topologi STAR
dalam topologi star,tiap-tiap mesin terhubung ke HUB sentral yang biasa disebut sebagai konsentrator. Konsentrator berfungsi sebagai penguat multiport(“multiport repeater”).
Keuntungan topologi star adalah apabila kabel terputus hanya mempengaruhi satu mesin saja.jika dibutuhkan,mesin dapat ditambahkan dengan mudah tanpa mempengaruhi keseluruhan jaringan.
Adapun kerugiannya adalah dibutuhkan kabel yang relatif lebih panjang disebabkan jarak fisik yang memang lebih panjang.

Selain ketiga topologi diatas,juga terdapat jaringan hybrid yang menggunakan topologi gabungan antara star dan bus,star dan ring,dan jaringan mesti dengan koneksi antara berbagai computer dalam jaringan.
Pada praktiknya,hubungan antar computer dalam jaringan LAN terdiri dari dua jenis,yaitu jaringan berbasis server dan jaringan peer to peer.pada jaringan berbasis server,terdapat computer yang diset sebagai penyedia utama layanan dan sumber daya,seperti tempat menyimpan file.komputer penyedia sumber daya atau layanan ini disebut server,sedangkan komputer-komputer yang mengambil dan menggunakan layanan disebut computer client.
Pada jaringan peer to peer,komputer-komputer dalam jaringan dapat berperan sebagai client dan sebagai server.misalnya,kebanyakan komputer-komputer berbasis windows yang memungkinkan penggunaan secara bersama filenya dan print.
Pada LAN tanpa kabel(WLAN)dikenal topologi sebagai berikut:
1. Tersentralisasi
Topologi WLAN tersentralisasi biasa juga disebut dengan nama star network atau hub based,topologi ini terdiri dari server dan beberapa terminal pengguna komunikasi antar terminal harus melalui server.
Keunggulannya adalah daerah cakupan luas.transmisi relative efisien dan desain terminal pengguna cukup sederhana karena kerumitan ada pada server.
Kelemahannya adalah desainnya besar dan server rusak,maka jariantarngan tidak dapat bekerja.delay adalah jarak antara ketika data dikirimkan dan data diterima.
2. Terdistribusi
Topologi jaringan WLAN terdistribusi juga disebut peer to peer LAN dengan kabel,semua terminal dapat berkomunikasi satu sama lain tanpa memerlukan pengontrol(server),disini server diperlukan untuk mobile(telepon seluler) dan merupakan solusi ideal untuk jaringan adhoc. Keunggulan topologi terdistribusi adalah apabila salah satu terminal rusak,jaringan tetap berfungsi,delaynya kecil,dan perencanaan cukup sederhana.
Kelemahannya adalah tidak memiliki unit pengontrol jaringan.
3. Jaringan seluler
Jaringan ini cocok untuk melayani daerah dengan cakupan luas dan operasi mobile.
keunggulannya adalah dapat mengemukakan keunggulan dan menghapus Kelemahan dari kedua topologi di atas,kelemahannya adalah memiliki kompleksitas perencanaan yang tinggi.
A. PERANGKAT JARINGAN

B. Peralatan jaringan digunakan untuk mengkonek komputer dan peralatan disekelilingnya sehingga dapat berkomunikasi semua hub,bridges-bridges dan switches.
C. “HUB”
Hub adalah alat yang ketika digunakan untuk memperluas sebuah kabel internet yang memungkinkan lebih banyak peralatan berkomunikasi satu sama lain , ketika menggunakn hub , topologi jaringan berubah dari sebuah hub linier dimana tiap alat dikontakan langsung dengan kabel , menjadi sebuah bintang .
D. BRIDGES DAN SWITCHER
menghubungkan sekmen-sekmen jaringan , fungsi pling dasar dari briges ada didalam kemampuannya untuk membuat keputusa cerdas mengenai apakah akan melepaskan sinyal kesegmen jaringan yang berikutnya ketika sebuah bridges melihat sebuah frame di jaringan bridges tersebut melihat pada alamat tujuannya.
sebuah switches kadang-kadang di jelaskan bridges multiport sebuah briges tipikal bias hanya memiliki luas system di jaringan yang sama. Switches memiliki beberapa port,bergantung paa beberapa banyak segmen jaringan yang kan dilink,swetches adalah sebuah yang lebih unik dari pada sebuah bridges.fungsi dasar dari sebuah switches seakan-akan sangat sederhana,fungsinya adalah untuk memilih sebuah port untuk memforward data ketujuannya.switches Ethernet menjadi solusi konektivitas yang begitu popular karena seperti bridges,a peforma jaringan dengan kecepatan dan bandwitch.

E. MODEM
Modem adalah sebuah alat elekrtonik yang di gunakan untuk komunikasi computer melalui jalur telepon . modem memungkinkan transfer data satu computer ke computer lain UART mengkonversi data berorientasi bit ke stam serial bit blok-blok data ditangni soft ware modem internet mengkonvirmasikan sebuah UART dan modem di papan . modem mengkonvirmasi data digital kesinyal analog dan siya analog kembli ke data digital , proses mengkonvirmasi sinyal analog ke digital dan balik lagi ke analog disebut modirasi untuk alasan itu ,istilah modem transmisi berbasi modem sangat akrab , mengensampingkan fakta bahwa jalur telepon dapat begitu berisik karna bunyi-bunyi suara statis datn permasalahan yang lain, empat type utama modem.
F. Ekspansi card
1. Personal computer memory card internasinal association (PCMCIA)
2. Modem eksternal
3. Modem blult-in
5.3 DIAL UP NETWORKING
Komputer menggunakan system atau jaringan computer umum untuk berkomunikasi disebut dial-upnetworking(DUN) . DUN akan menetapkan koeksinya ketika sebuah computer menjalankan windows 95 atau versi yang lebih baru dengan sebuah modem digunakan untuk mengoneksikan kesebuah jaringan LAN atau WAN . sebenarnya DUN menciptakan koneksi point to point protocol (PPP) diantaranya kedua (2) computer melalui sebuah jalur computer dalam sebuah proses OMO , PPP menyebabkan modem bertindak seperti sebuah bataran jaringan PPP adlah protocol WAN yang mengirim pro5tokol jaringan sebenarnya dari TCP/IP , IPX/SPX , atau netbult , melalui jalur telpon

G. KONEKTOR
Suatu feriferal yang digunakan untuk menghubungkan suatu node ke node lain kabel .

H. HOST adalah : computer pengguna workstation
I. SHARING adalah: penggunaan bersama sumberdaya (feriferal dan data) yang terdapat dalam computer dalam jaringan.
PEMECAHAN PERMASALAHAN YANG SERING TERJADI
LAN CARD :Sebuah feriferal computer yang digunakan untuk menghubungkan suatu computer ke computer lain.
TOPOLOGI JARINGAN : Cara menghubungkan antar computer.
TROUBLE SHOOTING : Pemecahan masalah yang sering terjadi.
PROTOCOL : aturan dalam computer .
A) NET MEETING
Net meeting adalah soft ware yang memungkinkan pengguna computer dalam jaringan untuk berkomunikasi dengan yang lain . baik melalui jaringan local atau internet . dengan netmeeting para pengguna jaringan dapat berbicara satu sama lain . melalui computer . menggunakn fasilitas audio dan video untuk berkomunikasi , sharing aplikasi dan dokumen , mengirim file , menggunakan whitherboard , dan mengirim pesan melalui fasilitas chat .

MENGINSTAL NETMEETING
Untuk dapat dapat berkomunikasi dengan net meeting , sitiap computer harus ter instal soft ware ini cek lah kocomputer
Computer anda , apakah sudah terinstal atau belum .
Ikuti langkah-langkah berikut untuk menambah soft ware netmeeting pada computer anda .
i. Klik menu star > setting > control panel
ii. Pada jendela control panel klik ikon ADD/remove program .
iii. Klik menu tab windows set up kemudian klik dua kali pada communication
iv. Pada kotak dialog berikutnya , aktifkan chece box pada netmeeting
v. Klik OK untuk menginstal netmeeting

B) Menjalankan netmeeting

Setelah di install , anda dapat menjalankan program netmeeting melalui start dengan cara sebagai berikut :

1. Klik start > program > accesories > communication > netmeeting windows akan menampilkan kotak dialog net meeting yang berisi informasi tentang program ini dan kegunaannya .

2. Klik next windows akan menampilkan jendela untuk memasukan informasi tentang diri anda sebagai penggua netmeeting .

3. Klik disini , klik next untuk masuk ke kotak dialog konfigurasi berikutnya .

4. Klik next windows menampilkan jendela menentukan jenis-jenis yang anda gunakan

5. Pilih network untuk berkomunikasi dalam LAN

6. Klik next untuk menentukan konfigurasi sampai selesai sampai FINISH.

D) MENGGUNAKAN NETMEETING
Menghubungkan computer lain dalam jaringan untuk melakukan panggilan
kekomputer lain caranya sebagai berikut :
1. Klik nama atau IP adress computer yang akan di hubungkan pada text box . sebelah kiri icon
2. Klik icon untuk melakukan panggilan pada saat menghubungkan akan di tampilkan kotak dialog netmeeting seperti gambar di bawah ini

Adapun computer yang di tuju akan menampilkan tanda di hubungi seperri gambar di bawah ini :

3. Klik accep untuk menerima panggilan atau Ignore untuk menolak panggilan
4. Jika panggilan di terima oleh pengguna computer yang di hubungi dengan menekan tombol accept , maka akan di 5. 5. tampilkan daftar computer yang terhubung dengan netmeeting pada kotak .


E. Mengirim dan menerima pesan .
setelah computer lain dapat di hubungi , maka anda dapat menggunakan fasilitas-fasilitas dalam netmeeting , seperti mengirim pesan , transfer file , sharing program dan menggunakan whiteboard , star , video .
SEMESTER 2
KONEK KE ISP
1 . peranan ISP
ISP adalah perusaan penyadia (jasa pelayanan internet ) peran ISP adalah menghubungkan kita dengan jaringan internasional garis layanan yang disediakan oleh setiap ISP setiap pelanggan berbeda-bada . demikian pula dengan biaya yang di kenakan beberapa IPS mungkin memasang tarif perbulan dengan pemakaian tidak terbatas atau dengan system hitung per-jam atau kedua-duanya . dalam hal ini pertimbangan tentu saja pada banyaknya waktu pemakaian internet . contoh pada saat kita membutuhkan internet lebih dari 5 jam sehari mungkin system pembayaran perbulan mengentingkan .namun jika kita jarang memakai internet maka system pembayaran pesan lebih menguntungkan selain itu beberapa ISP juga menerapkan system abudemen dan biaya avottime(kelebihan waktu pengaksesan) serta biaya lain yang berbeda antara isp lain dengan isp lainnya .
Untuk dapat terhubung ke internet melalui isp kita di haruskan mengakses terlebih dahulu.pada isp tersebut setelah mendaftar.isp akan memberikan informasi kepada kita mengenai hal-hal berikut:

a.user name:name yang harus kita masukkan pada kotak dialog setia kali kita akan melakukan hubungan ke internet.
b.password:kata sandi yang juga harus kita masukan setiap kali akan melakukan hubungan di internet.password ini juga sekaligus sebagai pengaman agar orang lain tidak dapat menggunakan akses yang seharusnya menjadi hak kita.
c.nomor yang harus di akses:yaitu nomor telepon untuk melakukan dial-up.
d.nama host dan nama domain.
e.alamat DNS server.
2.koneksi ke isp

koneksi ke isp dapat dilakukan dengan dua cara,yaitu dengan cara dial-up dan koneksi berkecepatan tinggi ke isp dengan menggunakan DSL ;POST,hal ini,kita akan memperhatikan cara koneksi ke isp dengan cara dial-up.

a.menginstal modem
sebelum terkoneksi dengan cara dial-up pastikan bahwa modem telah terpasang dengan benar.drivernya telah terinstal pula.jika driver belum terinstal,lakukan penginstalan modem dengan cara sebagai berikut(pastikan anda memakai windows 98.sebagai operasi system).
1.klik tombol start pada taskbar,kemudian pilih setting dan klik control panel.windows akan membukakan jendela control panel untuk anda.
2.klik modem untuk menginstal modem.windows akan menampilkan kotak dialog.instal new modem seperti pada gambar dibawah ini.sedangkan kotak pilihan don’t delete my modem,I will select it from a list.
Jika anda menginginkan computer untuk pencarian otomatis driver yang sesuai dengan modem yang terpasang.windows akan menampilkan kotak dialog pencarian modem seperti pada gambar berikut.
Jika anda ingin menunjukkan modem dan driver yang ingin anda install>aktifkan kotak pilihan don’t delete my modem,I will select to from a list sehingga windows akan menampilkan kotak dialog pada gambar dibawah ini:
3.tentukan merek modem yang akan di install pada kotak menu factures dan tentukan seri modem pada kotak modem.untuk menentukan letak driver specific,klik have disk…
4.klik next untuk menunjukkan dan melanjutkan instalasi tentukan port yang di lakukan oleh modem.
Sebagian modem di design untuk dihubungkan dengan computer melalui communication port,modem yang lain dihubungkan computer lain USB.
5.setelah menentukan port yang digunakan,klik next sehingga windows menampilkan kotak dialog
Selanjutnya masukan kode wilayah dan kode akses jika di perlukan,hal ini tergantung pada setting yang diminta oleh isp.
6.klik next untuk meneruskan instalasi.
7.klik finish
Jika instalasi yang anda lakukan benar,windows akan menampilkan kotak dialog modem properties.

b.membuat koneksi ke isp
setelah menginstal modem,sekarang kita dapat melakukan tugas selanjutnya.yaitu membangun koneksi ke isp.dalam hal ini kita akan membangun koneksi ke isp telkomnet yang menyediakan fasilitas install dengan nomor akses 080989999.
Untuk memulai membuat koneksi ikuti langkah-langkah berikut:
1.bukalah jendela control panel melalui menu start kemudian setting.
2.double click pada dial-up networking.
3.double click pada icon make new connection untuk membuat koneksi baru ke isp.windows akan menampilkan kotak dialog make new connection.
Berikan nama untuk koneksi yang akan buat sesuai dengan keinginan anda.
Pada kotak select ke device pilih modem yang telah anda install dan ingin digunakan untuk koneksi internet jika modem yang terinstal pada computer anda hanya satu maka anda secara otomatis terpilih pada kotak ini.
4.klik next
Pada langkah ini anda diminta untuk memasukan nomor telepon yang harus di hubungi yang diberikan oleh isp.dalam hal ini,nomor yang kita gunakan adalah nomor 080989999.penggunaan nomor ini tidak mensyaratkan pengisian kode wilayah
5.klik next
Windows akan menampilkan kotak dialog bahwa anda telah sukses membangun sambungan ke isp.
6.klik finish untuk mengakhiri pembuatan koneksi

3. MENGINSTAL PROTOKOL JARINGAN dan subnet mask
a. Buka control panel dan double – klik icon network
b. Dalam tab konfigursi KLIK ADD
c. Pada kotak dialog select network component type , pilih protocol dan klik ADD.
d. Pilih manufacturer dan network protocol dan klik OK.

4. konfigurasi TCP/IP
Implementasi TCP/IP pada windows 98 meliputi :
-internet protocol (IP)
-transmisssion control protocol (TCP)
-internet control message protocol (ICMP)
-address resolusion protocol (ARP)
-user datagram protocol (UDP)

TCP/IP harus di konfigurasikan terlehih dahulu agar bisa “berkomunikasi “ di dalam jaringan computer .setiap kartu jaringan(NIC) yang telah di install memerlukan IP address dan subnet mask.IP address harus unik(berbeda dengan computer lain)subnet mask digunakan untuk membedakan network id dari host id.

5.Memberikan IP Address
IP Address dan subnet mask dapat diberikan secara otomatis menggunakan dynamic host configurasi protocol(DHCP)atau di isi secara manual.
Prosedur yang dilakukan untuk mengisikan IP Address:
a)didalam tab configuration,klik TCP/IP yang ada dalam daftar untuk karena jaringan yang telah di install.
b)klik properties
c)pilih portal yang di inginkan
d)didalam tab IP Address terdapat 2 pilihan:
*obtain an IP Address automatically.
IP Address akan diperoleh melalui fasilitas DHCP.DHCP berfungsi untuk memberikan IP Address secara otomatis pada computer yang menggunakan protocol TCP/IP.DHCP bekerja dengan relasi client-server,dimana DHCP server menyediakan suatu kelompok IP Address yang dapat diberikan pada DHCP client.dalam memberikan IP Address ini,DHCP hanya meminjamkan IP Address tersebut.jadi,pemberian IP Address ini berlangsung secara manual/dinamis.
*specifiy an IP Address.
IP Address dan subnet mask di isi secara manual.
e)klik oke
f)jika diperlukan masuk kembali kedalam kotak dialog TCP/IP properties.klik tab gateway,masukan nomor alamat server.
g)klik oke
h)jika diperlukan untuk mengaktifkan windows internet naming service(WINS)server,kembali kedalam kotak dialog TCP/IP properties,klik tab configurasi,dan klik enable wins resolution serta masukan alamat sever.
i)jika diperlukan untuk mengaktifkan Domain Name System(DNS)kembali kedalam kotak dialog TCP/IP properties klik tab DNS,lalu masukan nomor server.
j)klik oke.

~The end~

1 komentar:

Unknown mengatakan...

lo tau ngak ttg feriferal jaringan ??? lau tau email ke gue ya please
deni_reflizon@yahoo.com